Kentongan Kemudahan Bertetangga di Era Digital

2

sinyal.co.id

Platform baru dalam berinteraksi sesama tetangga dan ketua RT. Mudah, interaktif, dan cukup komunikatif.

kentonganKentongan atau kentungan pernah menjadi alat komunikasi tradisional di masa lalu. Mengandalkan isyarat bunyi dari alat pukul dari bambu ini, warga jadi tahu bila ada pengumuman maupun bahaya yang terjadi di lingkungannya. Di era digital, Kentongan coba diolah kembali manfaatnya dalam media baru yang lebih inovatif. Tidak lagi berbentuk bebunyian dari batang bambu, Kentongan kini hadir sebagai sebuah aplikasi mobile. Masih mengusung filosofi yang sama, aplikasi ini akan membantu dan memermudah komunikasi antar warga di era digital secara efektif dan efisien.

User Interface

Didominasi warna merah yang cukup menyala, Kentongan mengusung desain antar muka yang flat dan sederhana. Mudah untuk memahami dan menelusuri aplikasi ini sejak pertama kali dibuka. Pada halaman muka, pengguna akan langsung dihadapkan pada menu-menu utama.

2. Kentongan - Ikon Menu Utama 3. Kentongan - Menambahkan info kegiatan warga 4. Kentongan - Mengisi keterangan di info kegiatan warga

Menu utama merupakan menu registrasi yang berguna untuk mendata ketua RT, biodata pribadi, hingga jumlah kepala keluarga dalam satu lingkungan RT. Lalu setelah itu ada menu untuk mengetahui jumlah kas RT, menu laporan waga, info kegiatan warga, dan tanda bahaya. Ikon-ikon menu dalam aplikasi ini dibuat cukup besar, jelas, dan memiliki pilihan warna yang nyaman dilihat.

Fitur

Fitur utama dalam aplikasi ini adalah Laporan keuangan di lingkungan RT. Ini mendorong lingkungan RT untuk melakukan transparansi anggaran. Pemasukan maupun pengeluaran dana dicatat di fitur ini dan bisa disaksikan oleh seluruh warga.

Kentongan - Fitur Laporan WargaMelalui aplikasi ini, warga juga bisa melaporkan beragam keluhan maupun masukan mengenai kondisi nyata lingkungan tempat tinggal mereka. Cara menggunakan fitur ini juga terbilang cukup mudah. Cukup dengan masuk ke dalam menu Laporan Warga dan menyentuh ikon (+) di sisi kanan, warga bisa langsung melapor kepada ketua RT. Ini akan mendorong warga untuk berperan aktif dan peduli pada isu di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka.

Kentongan -Fitur Info Kegiatan WargaFungsi lain dari aplikasi Kentongan adalah pengumuman kegiatan RT maupun sebagai alarm tanda bahaya. Ketua RT atau warga bisa menginformasikan kegiatan yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, seperti arisan, syukuran, jadwal ronda dan sebagainya.

Begitu pula dengan fitur tanda bahaya, Ketua RT maupun warga bisa melaporkan kejadian gawat yang disaksikannya. Tiap ponsel yang dipasangi aplikasi ini akan menerima notifikasi peringatan bahaya. Alarm juga akan berbunyi untuk memperingatkan bahaya yang sedang dihadapi warga.

1 2 3
Share.

About Author

2 Comments

Leave A Reply