H-3 Lebaran, Ada 1,5 Juta Pelanggan XL Jabotabek Pindah ke Jabar, Jateng, Jatim

0

Menkominfo di XL

Menjelang lebaran 2017, XL Axiata memastikan kesiapan jaringannya dalam upaya memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang melakukan aktifitas mudik dan merayakan lebaran 2017.

Berbagai upaya persiapan yang sudah dilakukan tersebut dipaparkan oleh Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya di acara kunjungan Menteri Komunikasi & Informatika Republik Indonesia, Rudiantara bersama BRTI dan media di pusat monitoring jaringan XL Axiata (Network Operation Center) di Jakarta (23/6).

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya menyatakan, ”Saat ini kami terus all out menyiapkan kesiapan jaringan kami.”

“Ini merupakan rangkaian komitmen kami untuk menjaga kenyamanan berkomunikasi masyarakat/pelanggan selama periode Ramadan,dan Lebaran termasuk selama masyarakat melakukan aktiiftas mudik menuju kampung halamannya.”

Menkominfo di XL1

“Banyak upaya yang telah kami lakukan diantaranya meningkatkan kapasitas jaringan, optimisasi, rebalancing, drive test di berbagai lokasi, serta penempatan berbagai perangkat pendukung seperti mobile BTS di berbagai lokasi yang menjadi sentra aktifitas mudik dan pusat-pusat keramaian.”

“Selain itu kami juga secara massif terus melakukan perluasan jaringan 3G dan 4G sebanyak 7.000 BTS baru ke berbagai wilayah di Indonesia.”

Hingga tiga hari menjelang lebaran, mulai terlihat adanya perpindahan aktifitas komunikasi pelanggan dari wilayah Jabotabek ke berbagai lokasi di Jawa Barat, Jawa Tengah & DIY serta Jawa Timur.

Pelanggan yang berpindah dari Jabotabek tersebut sudah mencapai sekitar 1,5 juta pelanggan.

Maka dampaknya jumlah pelanggan XL Axiata yang melakukan aktifitas komunikasi di Jawa Barat meningkat sebesar 12,5%, Jawa Tengah & DIY 16%, Jawa Timur 13%.

Peningkatan ini diperkirakan akan terus terjadi hingga periode tiga hari setelah lebaran.

Selama periode mudik dan lebaran, trafik layanan XL diperkirakan akan mengalami kenaikan antara 20% s/d 30% untuk penggunaan layanan Data, serta 5% untuk layanan SMS dan percakapan.

Yessie menambahkan, selama tiga hari jelang lebaran ini, perilaku pelanggan XL Axiata dalam menggunakan layanan data juga cenderung mengalami kenaikan.

Penggunaan media sosial menjadi aktiftas favorit bagi pelanggan.

Terlihat penggunaan media sosial mulai dari streaming Youtube, Facebook, Instagram, WhatsApps Messenger dan Twitter sangat mendominasi trafik layanan XL Axiata dan diperkirakan akan semakin meningkat saat lebaran dan beberapa hari setelahnya.

Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa.

Dengan penambahan kapasitas tersebut, operator telekomunikasi dengan brand XL dan AXIS tersebut optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan.

Secara khusus, XL Axiata juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

Untuk kenyamanan pelanggan selama mudik dan lebaran, XL Axiata juga terus gencar memperluas jaringan 4G LTE hingga menjelang Lebaran di berbagai lokasi termasuk di area-area yang menjadi jalur mudik dan tujuan mudik masyarkat.

Bagi pelanggan yang mudik terutama ke berbagai daerah di Pulau Jawa, sudah hampir di semua kota/kabupaten tercover layanan XL 4G LTE.
Akses ke berbagai layanan Data bisa lebih nyaman, termasuk upload foto-foto atau video selama liburan.

Adapun bagi pelanggan yang tidak sempat atau berhalangan mudik, juga bisa memanfaatkan ketersediaan layanan XL 4G LTE untuk tetap bisa bersilaturahmi tatap muka jarak jauh dengan keluarganya melalui layanan video call 4G LTE.

Hingga saat ini layanan XL 4G LTE XL telah dinikmati oleh lebih dari 15 juta pelanggan di 288 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesia, dengan dukungan lebih dari 13.000 BTS 4G. (*)

Share.

About Author

Leave A Reply