Jalur Tol Beroperasi Sementara, Jaringan Operator Seluler tetap Disiapkan

0

persiapan jaringan operator saat lebaran

Lebaran tinggal beberapa hari lagi, dan arus mudik akan segera mengalir dari Jakarta ke berbagai kota lain.

Pemerintah memutuskan untuk membuka sejumlah ruas jalan tol baru, termasuk jalan tol yang masih bersifat fungsional, seperti dari Brebes timur menuju Semarang, dan jalan tol Solo-Ngawi.

Sebagai jalan tol baru, biasanya belum terjangkau sinyal operator dengan baik, karena jalan tol biasanya melewati sawah atau hutan yang minim penduduk.

Salah satu operator, XL Axiata, menyatakan telah memperluas jangkauan sinyalnya untuk melayani pemudik di jalur tol baru tersebut.

Persiapan yang sudah dilakukan antara lain berupa pemasangan mobile BTS (MBTS) di sejumlah lokasi, yang hampir semuanya mendukung jaringan 4G.

Tim teknis juga telah menguji coba di semua ruas tol baru yang ada di sejumlah ruas di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta di ruas tol baru di Medan – Kuala Namu.

I Gede Darmayusa, VP Service Operation Management XL, mengatakan, “mempertimbangkan sebagian dari ruas tol baru yang dibuka tersebut sebenarnya masih dalam pembangunan, maka infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan di sepanjang jalan tol baru tersebut.”

“Diprediksi akan banyak pemudik yang memanfaatkan jalan-jalan baru tersebut, artinya akan ada kebutuhan atas ketersediaan layanan telekomunikasi dan data.”

“Karena itu, kami pun menyiapkan perangkat penunjang yang juga masih bersifat darurat seperti MBTS, selain juga memperkuat jangkauan (coverage) dari BTS-BTS yang ada di jalan tol baru.”

“Total lebih dari 30 unit MBTS yang dikerahkan secara khusus untuk mengantisipasi kebutuhan selama Lebaran ini.”

Tim teknis XL sudah menempatkan sebagian dari MBTS tersebut di tol baru dan melakukan uji jaringan juga di jalan-jalan tol baru tersebut, termasuk yang ada di Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Dari uji jaringan tersebut bisa didapatkan titik-titik akurat mana yang masih memerlukan peningkatan kualitas jaringan., seperti di area exit tol dan rest area yang biasanya terjadi kemacetan.

Titik itu misalnya ada di exit tol Brebes, Pejagan, Weleri, Salatiga, Bawen, dan Sragen.

XL juga menindaklanjuti laporan dari pelanggan dan masyarakat, termasuk juga hasil pantauan media, mengenai lokasi-lokasi yang dipandang memerlukan penguatan sinyal.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, jaringan dimaksimalkan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data.

Tantangan yang dihadapi oleh operator telekomunikasi selain kemungkinan terjadi lonjakan trafik, juga terkait perpindahan pelanggan secara masif dari kota-kota besar seperti Jakarta ke kota-kota lain.

Jadi, lonjakan trafik yang akan terjadi menyebar di berbagai daerah, sesuai dengan arah perpindahan pelanggan selama liburan Lebaran.

Kapasitas jaringan dinaikkan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa.

Dengan penambahan kapasitas tersebut, XL dan AXIS optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan.

Secara khusus, dimemanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core untuk memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

Dilakukan pula penguatan jaringan terutama di lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik-titik kepadatan masyarakat, baik dalam rangka mudik/pulang kampung atau berlibur di berbagai daerah di Indonesia.

Lokasi-lokasi tersebut antara lain destinasi wisata populer, pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi seperti bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, juga pelabuhan laut. (*)

Share.

About Author

Leave A Reply