Microsoft Hentikan Dukungan untuk Windows Phone

0

SINYAL.co.id – Microsoft telah membunuh dukungan untuk Windows Phone 8.1. Saat ini memang sudah tiga tahun setelah perusahaan tersebut memperkenalkan update pertama.

Akhir dari dukungan ini menandai akhir dari era Windows Phone dan jutaan perangkat yang masih menjalankan sistem operasi tersebut.

Tetapi sebenarnya kemungkinan banyak orang sudah menerima kematian Windows Phone ini sejak lebih dari satu tahun lalu.

Menurut AdDuplex, hampir 80% dari seluruh smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows masih memakai Windows Phone 7, Windows Phone 8, atau Windows Phone 8.1.

Seluruh smartphone dengan operasi tersebut sudah resmi tak didukung lagi saat ini. Dan hanya 20% dari seluruh smartphone Windows menjalankan Windows 10 Mobile OS terkini.

Update Terakhir Perangkat Windows Phone 8

Windows Phone 8.1 adalah update besar dari sistem operasi Windows Phone 8. Update tersebut mencakup asisten digital Cortana, pusat notifikasi baru, perubahan UI atau antar muka, dan update pada inti dari OS mobile.

Kendati telah menjadi tonggak dari usaha terbesar Microsoft dalam mengerjakan Windows Phone, tetapi masih tak berhasil bersaing dengan Android dan iOS.

Kini 99,6% dari seluruh smartphone baru menjalankan Android atau iOS. Microsoft pun telah menyerah dalam memproduksi perangkat sendiri dengan brand Lumia mereka.

Dukungan Microsoft Pada Windows 10 Mobile

Namun demikian, Microsoft masih mendukung Windows 10 Mobile. Walau tak jelas apakah dukungan tersebut masih akan tercakup di masa depan.

Microsoft memang sempat memberikan update untuk perangkat Windows Phone 8. Tetapi raksasa perangkat lunak tersebut nyaris tak menyertakan segala update fitur pada Windows 10 Mobile Creators Update terkini.

Pada Windows 10 Fall Creators Update untuk komputer memang ditambahkan sejumlah fitur-fitur baru oleh perusahaan yang dipimpin Satnya Nadella tersebut. Tetapi raksasa teknologi asal Redmond ini tidak memperluasnya ke versi mobile ketika melakukan uji coba.

Share.

About Author

Leave A Reply