Tips Manfaatkan Mode Incognito di Google Chrome

0

ilustrasi

SINYAL.co.id– Google Chrome menjadi peramban default bagi sistem operasi Android. Peramban ini memiliki fitur yang cukup baik serta menawarkan kontrol privasi, kenyamanan, serta keamanan. Salah satu fitur keamanan yang tersedia adalah mode Incognito. Mode Incognito bisa dibilang merupakan cara aman saat menjelajah internet dalam kondisi yang ‘kurang aman’, seperti saat menggunakan akses Wi-Fi di tempat umum, tethering, atau menggunakan smartphone orang lain. Namun tahukah Anda alasan lain untuk menggunakan mode ini? Berikut alasannya:

AGAR AKUN TETAP AMAN

satu

Saat menggunakan Google Chrome, ada saatnya Anda akan ditanya untuk menyimpan username dan password agar dikemudian hari tidak perlu melakukannya lagi dengan alasan kepraktisan jika suatu saat mengunjungi situs yang memiliki password serupa. Namun efeknya, akun Anda akan mudah diakses orang, apalagi jika menggunakan perangkat yang sama. Jika data Anda tidak ingin terekam, maka mode Incognito bisa Anda gunakan.

 

MENGHINDARI IKLAN YANG MENGGANGGU

dua

Menggunakan mode Incognito memang tidak sepenuhnya menghilangkan iklan yang akan tampil. Tapi, paling tidak mode ini tidak akan memberi kesempatan Google untuk mengumpulkan data dari aktivitas yang Anda lakukan saat menjelajah internet. Kenapa begitu? Karena saat Anda menjelajah internet, data yang sudah terkumpul akan langsung terhapus ketika Anda menutup situs tersebut. Hal ini yang membuat Google akan kesulitan saat hendak menargetkan iklan atau promosi saat Anda berinternet.

 

MENGGUNAKAN AKUN GANDA SECARA BERSAMAAN

tiga

Jika Anda memiliki lebih dari satu akun Google dan ingin login secara bersamaan, maka mode Incognito bisa menjadi solusinya. Anda bisa melakukan login akun-akun tersebut melalui tab atau jendela berbeda. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan pada mode normal.

 

MENCARI INFORMASI BERSIFAT PRIBADI ATAU RAHASIA

empat

Saat menggunakan mode Incognito, Anda bisa menjelajah kemana saja dengan lebih aman karena mode ini tidak akan menyimpan jejak (history) dari situs-situs yang pernah Anda datangi. Ini sangat berguna terutama saat Anda hendak membuka situs yang bersifat rahasia tanpa takut terekam atau diketahui orang lain. Misalnya, saat hendak bertransaksi secara online atau saat mengisi data penting Anda.

 

PENGUJIAN SITUS ATAU DEBUGGING

lima

Jika Anda seorang pengembang aplikasi dan ingin menguji suatu situs ataupun debugging software, maka mode ini akan membuat cache dan cookies tidak akan terganggu sehingga jika terjadi kesalahan, peramban tidak akan ikut bermasalah dan tetap dalam kondisi semula.

1 2
Share.

About Author

Leave A Reply