Update Layanan Indosat Ooredoo H+7 Lebaran 2017: Trafik Telekomunikasi Mudik dan Libur Lebaran

0
Menkominfo Rudiantara meninjau kesiapan jaringan Lebaran Indosat Ooredoo secara langsung lewat monitoring jaringan telekomunikasi di Indosat Ooredoo Network Center Operation (i-NOC) dan Digital Engagement Center (DEC), didampingi CEO Indosat Alexander Rusli

Menkominfo Rudiantara meninjau kesiapan jaringan Lebaran Indosat Ooredoo secara langsung lewat monitoring jaringan telekomunikasi di Indosat Ooredoo Network Center Operation (i-NOC) dan Digital Engagement Center (DEC), didampingi CEO Indosat Alexander Rusli

Jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo secara konsisten menjamin performansi layanan telekomunikasi dengan baik hingga masa lebaran H+7 (2 Juli 2017).

Layanan Data Indosat Ooredoo mengalami peningkatan sebanyak 117.15% dibanding trafik data H+7 Lebaran tahun lalu.

Jika dibandingkan dengan penggunaan data harian regular non-lebaran, penggunaan data ini meningkat menjadi sekitar 3154.34 Terabyte/hari atau naik 56.44% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Peningkatan trafik data ini sejalan dengan tren penggunaan sosial media di masyarakat.

Terutama aktifitas komunikasi menggunakan berbagai aplikasi dalam berkomunikasi dan bersilaturahmi selama masa mudik dan libur Lebaran.

Sementara itu, data terakhir menunjukkan terjadinya perubahan tren penggunaan dari Voice dan SMS ke penggunaan social media di masyarakat.

Hal itu mengakibatkan penurunan jumlah Voice dan SMS dibandingkan kondisi hari H+7 Lebaran tahun 2016 dimana trafik voice hari H+7 tahun 2017 mengalami penurunan 27.63%.

Sedangkan trafik SMS hari H+7 tahun 2017 turun 50.39% dibandingkan trafik SMS pada H+7 tahun 2016.

“Masa mudik dan libur lebaran adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia.

“Masyarakat menggunakan momen ini untuk bersilaturahmi dan menghubungi sanak saudara di berbagai pelosok Indonesia.”

“Indosat Ooredoo sadar akan pentingnya kualitas jaringan untuk mendukung momen penting ini sehingga kami memastikan jaringan dalam kondisi baik dan dapat melayani kebutuhan pelanggan selama masa mudik dan lebaran,” ujar Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

”Untuk memastikan kapasitas jaringan yang baik, Indosat Ooredoo melakukan peningkatan layanan hingga menjadi 7344 Terabyte/hari, dan kapasitas layanan suara disiapkan menjadi 37,5 juta Erlang/hari.”

“Sedangkan untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,9 Miliar SMS/hari untuk pelanggan nasional Indosat Ooredoo yang berjumlah 95,6 juta di seluruh Indonesia,” demikian disampaikan Deva Rachman .

Selain itu performansi jaringan Indosat Ooredoo juga memastikan melayani dengan baik melalui pemantauan jaringan yang dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Command Centre.

Command Center beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin. (*)

Share.

About Author

Leave A Reply