Hindari Kebocoran, Kini Jasa Pengiriman Bisa Saling Pantau Antara Kantor, Supir dan Pelanggan

0

Ketika jumlah pelanggan seluler sudah jenuh, ketika tiap orang sudah punya lebih dari 1 nomor hape, maka harus seperti apakah wujud layanan operator ke depannya?

Internet of Things atau IoT adalah jawabannya.

Dengan IoT, semua perangkat digital bisa dihubungkan ke internet untuk diambil datanya, dan dibuatkan keputusan agar lebih bermanfaat.

IoT bisa diterapkan pada segala macam hal dalam kehidupan manusia sehari-hari, karena kini makin banyak perangkat yang bisa terhubung ke internet.

Penerapan IoT yang paling nyata hasilnya misalnya di bidang transportasi.

Dengan kemampuan untuk memantau, mengamankan dan mengoptimalkan asset produksi, Internet of Things atau IoT memungkinkan perusahaan melakukan transformasi digital.

Transformasi itu bisa mempercepat pertumbuhan bisnis dan meningkatkan daya saing lewat inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi layanan bagi pelanggannya.

Dengan latar belakang itu, hari ini (8/8/2017) dalam event Asia IoT Business Platform yang diselenggarakan di Jakarta, Indosat Ooredoo Business meluncurkan NEXTfleet.

NEXTfleet akan mengoptimalkan proses distribusi mulai dari perencanaan, penjadwalan, penugasan, sampai dengan pemantauan armada secara akurat dan real-time.

Sistem pengelolaan ini bisa dimanfaatkan dengan menggunakan aplikasi mobile dan perangkat IoT lainnya.

Biaya operasi perusahaan akan menjadi lebih efisien dan produktifitas akan lebih meningkat.

NEXTfleet tentu lebih sesuai dipakai untuk mengelola armada kendaraan sebuah perusahaan, seperti mobil rental maupun perusahaan logistik.

Ada aplikasi berbeda untuk 3 (tiga) pihak yang terlibat dalam proses supply chain armada distribusi logistik yaitu untuk fleet manager di kantor, pengemudi dan pelanggan.

Hal ini membuat proses yang saling terintegrasi dan kemudahan
kolaborasi antara fleet manager, pengemudi dan pelanggan dalam memantau armada dan proses pendistribusiannya.

Tentu saja hal ini bisa mengurangi kebocoran, menganalisa borosnya BBM, dan mencari rute tercepat saat pengiriman.

Ada juga punya fitur Multi Point Destination yaitu melakukan aktivitas distribusi ke beberapa lokasi tujuan, dapat memonitor posisi dan aktivitas distribusi secara real-time sekaligus dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Menurut Herfini Haryono, Director and Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo, mereka percaya bahwa solusi IoT NEXTfleet dapat menjadikan operasi bisnis menjadi lebih efektif.

Khusus untuk perusahaan yang banyak menggunakan armada kendaraan, berbagai biaya operasional bisa menjadi efisien, aktivitas distribusi menjadi lebih optimal dan dapat dipantau secara real-time.

Solusi ini dirancang untuk meminimalkan kompleksitas dan dapat
diimplementasikan secara cepat dan fleksibel sesuai dengan perkembangan bisnis perusahaan. (*)

Share.

About Author

Leave A Reply