Tips Membuat Foto Hitam Putih dengan Kamera Smartphone

0

SINYAL.co.id – Tren fitur pengaturan kamera ganda pada smartphone semakin marak. Salah satu kemampuan dari kamera ganda tersebut adalah membuat foto hitam putih yang menakjubkan dengan memainkan komposisi RGB dan monokrom.

Perpaduan kerja lensa monokrom dan lensa RGB secara serentak akan menghasilkan foto keren, baik itu berwarna maupun hitam putih.

Berikut ini adalah tips untuk membuat foto hitam putih yang dramatis dengan kamera smartphone.

#1, Membayangkan hasil foto

Bayangkan foto yang akan dihasilkan sebelum memotret secara monokrom. Fokus pada bayangan, bentuk dan garis dari hamparan pemandangan yang akan difoto.

#2. Fokus pada bentuk dan tekstur obyek foto

Fokus pada bentuk dan tekstur, perkuat bentuk dengan bayangan. Jika bayangan kurang memadai, tambah pencahayaan dengan flash.Tekstur posisi jatuhnya bayangan dapat dimunculkan dengan pencahayaan samping. Sementara bila pencahayaan dilakukan dari depan justru akan mengaburkan bayangan. Biasanya berbagai benda antik memiliki banyak tekstur. Dan tekstur terlihat luar biasa dalam foto hitam putih.

#3. Perhatikan kontras pada foto monokrom yang terdiri dari hitam, abu-abu dan putih

Kontraskan hitam di atas putih agar foto lebih menarik secara visual dan memiliki makna lebih dalam. Tekankan area-area berbayang untuk menguatkan bentuk, sosok dan garis penuntun.

#4. Terus berlatih dengan ulet.

Memotret hitam putih membutuhkan waktu agar dapat menerjemahkan hamparan pemandangan berwarna menjadi nuansa hitam putih. Teruskan berburu obyek foto yang keren untuk diabadikan dalam foto hitam-putih.

Lakukan pemotretan tanpa menggunakan filter yang tersedia sebagai fitur kamera. Cukup andalkan keahlian dalam memotret secara hitam putih, tak perlu memanfaatkan filter untuk membuat foto hitam putih yang alami.

Share.

About Author

Leave A Reply