Sumatera Selatan Terapkan Sistem Belajar Online dengan Quipper

0

SINYAL.co.id – Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan telah menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dengan Quipper Indonesia. MoU tersebut berisi kesepakatan pelaksanaan pendidikan berbasis teknologi dan komunikasi pada seluruh elemen pendidikan di Sumatera Selatan.

“Kami yakin peningkatan kualitas pendidikan bisa tercapai berkat kerjasama yang baik antara semua pihak dalam ekosistem pendidikan. Seluruh elemen seperti sekolah, guru, siswa dan pemerintah harus terlibat. Jadi tak hanya penggunaan teknologi semata,” ucap Takuya Homma, Founding Member dan Country Manager Quipper Indonesia.

Penandatanganan MoU antara Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dan Quipper tersebut dilakukan di SMA Negeri 3 Palembang, Sumatera Selatan.

Perwakilan yang menandatangani MoU tersebut adalah Drs. Widodo M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dan Yuta Funase, Co-Country Manager Quipper Indonesia.

Hal ini menandai kerjasama Quipper dengan 50 Dinas Pendidikan di tingkat Provinsi dan Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia.

Sekitar 50 orang guru SMA dari sekolah-sekolah di Palembang turut hadir dalam acara penandatanganan MoU tersebut.

Kerjasama Quipper dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan

“Kemajuan suatu bangsa didasari oleh pendidikan. Sehingga perlu peningkatan kualitas pendidikan dengan wawasan dan cara-cara baru. Salah satunya adalah melalui pemanfaatan Teknologi Indormasi dan Komunikasi. Sehingga kualitas SDM di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan pun meningkat,” ucap Drs. Widodao, M.Pd.

Quipper akan memberikan pelatihan, uji coba dan bimbingan kepada murid, guru dan sekolah di Sumatera Selatan selama Tahun Ajaran 2017-2018.

Guru akan dibantu mengadakan pelatihan e-leaning memakai Quipper School untuk memperkenalkan proses belajar mengajar.

Quopper School adalah suatu kelas on-line yang bisa dipakai guru dan siswa di seluruh Indonesia secara gratis.

Pemakaian teknologi untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan kompetensi guru menghadapi era digital.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan juga akan dibantu Quipper dalam mempersiapkan para pelajarnya menghadapi UN dan SBMPTN.

Layanan uji coba layanan Quipper Video tersebut diberikan secara gratis dan bertahap dengan didampingi tim Quipper Indonesia.

Quipper Video merupakan layanan pendidikan dalam jaringan premium yang berisi materi pembelajaran kurikulum 2006 dan 2013 tingkat SMP dan SMA.

Materi tersebut disajikan dalam bentuk video, catatan dan soal dengan standar nasional yang disusun tim profesional guru dan ahli pendidikan.

Fitur-fitur lainnya juga mencakup misi pembelajaran harian, sistem poin dan pengawasan orang tua.

Kerjasama tersebut merupakan salah satu langkah Quipper dalam mewujudkan visi dan misi mereka.

“Kami berharap bisa lebih banyak melakukan kerjasama di masa depan. Sehingga dapat menjangkau lebih banyak guru dan siswa,” lanjut Takuyo Homma.

Dengan demikian Quipper bisa menyediakan akses ke pendidikan berkualitas sehingga pelajar bisa bersaing di tingkat nasional dan global.

Share.

About Author

Leave A Reply