Tips dan Trik Memotret dengan Efek Bokeh Pada Kamera Smartphone

0

SINYAL.co.id – Memotret dengan efek Bokeh, kini semakin menjadi tren. Bokeh ini berasal dari bahasa Jepang, yang artinya buram atau blur. Efek ini mengacu pada kualitas estetika di wilayah di luar fokus suatu foto sehingga menghasilkan foto yang lebih lembut.

Berikut ini adalah tips dan trik untuk memotret dengan efek bokeh memakai kamera smartphone.

#1. Pastikan pencahayaan sempurna

Demi efek Bokeh yang bagus, pastikan subyek foto mendapat pencahayaan yang cukup dan merata. Kamera smartphone yang memiliki fitur smart lighting bisa memberi pencahayaan dengan sudut lebar sehingga pencahayaan merata dan alami.

#2. Fokuskan subjek foto dengan jelas

Dengan menetapkan dan melakukan fokus pada subjek foto dengan jelas, maka subjek foto akan terisolasi dari latar belakang.

Agar foto tampak lebih alami dengan pinggiran subjek foto dan area out-of-focus lebih tajam dan jelas, gunakan fitur portrait mode.

#3. Gunakan kamera dengan bukaan lensa yang lebar dan cepat

Sebaiknya memakai kamera dengan bukaan lensa minimal f/2.8. Demi hasil yang ideal, bukaan lensa yang lebih besar lebih baik, misalnya f/2.0, f/1.8 atau f/1.4.

Smartphone masa kini sudah dilengkapi perangkat keras berupa lensa kamera dengan bukaan lensa yang besar.

#4. Beri Jarak yang memadai antara subjek foto dan latar belakang

Ketika memotret dengan efek Bokeh, pastikan ada jarak yang cukup antara subjek foto dan latar belakang.

#5. Manfaatkan aplikasi penyunting foto

Agar foto dengan efek Bokeh dapat semakin bagus, namun tetap tak terlalu berlebihan, gunakan aplikasi penyunting foto atau photo editor.

Beberapa smartphone, seperti Huawei nova 2i sudah menyediakan fungsi penyuntingan foto langsung dari galeri foto. Bahkan hasil foto bisa disesuaikan fokus, pencahayaan dan bukaan lensanya.

Share.

About Author

Leave A Reply